Kamis, 03 September 2015

Tips dari Pixar Bagaimana Membuat Karakter Yang Berhasil

Desain karakter adalah komponen yang sangat penting didalam karya animasi Pixar, Karakter yang baik dapat memberikan suatu dorongan daya tarik kehidupan didalam film.

Desain karakter dimulai dengan tahap awal pembuatan film. Desainer Karakter sebuah film dalam Pixar bekerja sama dengan sutradara untuk membangun karakter yang diinginkan dari konsep dan cerita film yang ditulis, dalam proses ini memiliki beberapa alternatif yang akan terus berubah-ubah sampai dirasa sesuai dengan cerita yang akan diperankan oleh karakter.




 Hubungan antara penonton dan karakter merupakan tujuan utama dalam pembangunan desain karakter. Merendamnya karakter dengan manusia, dan berfokus pada sifat manusia mereka sangat penting untuk membuat hubungan ini. Ketika merancang karakter, seorang seniman Pixar perlu tahu apa yang melebih-lebihkan dan apa yang harus dikurangi , apa yang harus ditambahkan untuk memberikan sedikit latar belakang yang mendalam, dan apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan kepribadian.


 "Berpikir tentang arti kata karakter, Anda harus mencurahkan nafas kehidupan kedalam hal ini. Membuat mereka menarik dan menjadi keajaiban yang akan membuat orang membayangkan ingin berjumpa dengan mereka dan bagaimana mereka mungkin bergerak"
- Neil Farland


Desainer Karakter Pixar menggunakan peralatan manual untuk menggambar desain awal dari karakter mereka. Seorang Desainer biasanya mengerjakan ratusan, terkadang ribuan, sketsa sampai mereka puas dengan karakter yang mereka buat.
Karakter utama berjalan melalui proses sangat lama dan perlu beberapa desainer yang mengerjakan dan Sutradara  bekerja bersama untuk membuat tampilan gambar, perasaan  dan kepribadian dari karakter.




 Proses perancangan karakter dimulai dengan, desainer menerima naskah dari sutradara. Setiap lembaran naskah merupakan gambaran penuh dari seperti apa wujud karakter nanti. Lalu desainer menggambarkan ratusan sketsa gambar bagaimana mereka mewujudkan karakter yang terdapat didalam cerita. Gambar sketsa yang terpilih oleh Sutradara kemudian di bangun dan diperbaiki dengan tampilan gambar yang lebih baik dan beberapa catatan untuk disesuaikan dengan naskah cerita film. Desainer karakter terus membangun karakter sampai didapati sempurna untuk diperankan didalam film. 






























 Secara garis besar dari penjelasan diatas berikut ini lah tips yang diutarakan Pixar sebagai rangkuman dari artikel ini :

1) Riset Dan Evaluasi
2) Karakter ditujukan kepada apa dan siapa?
3) Dampak Visual yang dibuat
4) Bagian visual yang mungkin dibuat dilebih-lebihkan sesuai kepribadian karakter.
5) Warna karakter
6) Menyampaikan Kepribadian dari karater
7) Ekspresi diri
8) Tujuan dan Impian dari Karakter
9) Membuat Latar Belakang Cerita
10) Mengatur situasi karakter yang diluar baik secara tempat dan lain sebagainya
11) Mempertanyakan setiap visual yang digambarkan didalam karakter dan apa efek yang diterima.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Reference & Translate from Pixar Animation Weebly

Ohel Studio
Jasa Animasi Jakarta
Studio Animation Jakarta
Studio Animasi Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar