Kamis, 13 Agustus 2015

PIXAR 3D Animasi Proses



Dalam proses pembuatan film animasi memiliki proses yang panjang dan rumit didalamnya, pixar adalah salah satu pemula dari perkembangan dan kemajuan film animasi 3 dimensi di seluruh dunia. Dalam proses pembuatan film animasi pixar umumnya memerlukan waktu pengerjaan selama empat sampai lima tahun pengerjaan. Dimana didalam proses nya terdiri dari perancangan setiap bagian untuk filmnya, perencanaan, pengembangan dan bahkan pengulangan dalam ide ceritanya. Keunikan dari Pixar sendiri memiliki titik sentral inti didalam setiap filmnya adalah pada cerita. Semua yang mereka lakukan tidak terlepas dari pekerjaan tim secara bersama-sama.
Berikut kita akan proses pembuatan film Pixar dalam setiap detailnya dengan cara yang sederhana :


  Story Idea (Ide cerita)
Didalam proses ini setiap tim pixar didalam team mengutarakan ide cerita dan membangun nya bersama sama. Tahapan ini merupakan hal yang tersulit untuk memikirkan bagaimana penonton dapat menerima ide itu dan memikirkannya menjadi suatu kemungkinannya didalamnya.

          Text Treatment (perbaikan dengan tulisan)
Perbaikan dokumen dilakukan dengan merangkum gagasan utama cerita. Kadang, perbaikan  dokumen ini  dikembangkan dengan tujuan untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara ide-ide  yang  solid dan membuka kemungkinan yang ada , Khususnya untuk penggambaran panel yang dapat dilakukan oleh storyboard artist. Lalu Setiap 


Script (Naskah)
Naskah ditulis setelah Idea cerita dan pengembangan cerita selesai.

 Story Board (Papan Penceritaan)
Storyboard adalah  tampilan film sesungguhnya dengan menggunakan gambaran tangan dan menyajikan blueprint/ rancangan awal dari aksi dan dialog. Setiap seniman storyboard menerima naskah dari cerita dan atau sebuah garis dari penceritaan, gambaran dari kondisi karakter emosi dan tindakannya. Yang kelak digunakan sebagai petunjuk setiap seniman dalam penugasan setiap peristiwanya. 




          Voice Talent (Pengisi suara)
Pertama, membuat sketsa dari suara yang dilakukan oleh seniman didalam pixar sendiri dalam merekam suara mereka. Lalu suara tersebut diajukan dan ditunjuk kepada actor atau aktris untuk kembali direkam dengan membaca ulang naskah dan mendengan intonasi dari emosi karakter yang telah digambar dalam berbagai storyboard.


          Reels (Gulungan film)
Penggabungan storyboard  menjadi sebuah gulungan film dengan bantuan tekhnik editing yang baik dalam mempersatukan setiap elemen gambar, suara aktor, maupun penambahan efek suara lain. Tujuan nya adalah agar memperoleh tampilan yang utuh dari sebuah film secara menyeluruh dari awal cerita sampai akhir.

          Looks and Feel / Colour Script
Dalam hal ini sudah mulai masuk kedalam divisi desain setiap karakter, environment, warna dan sebagainya sampai pada akhirnya menghasilkan suatu tampilan dan perasaan yang sesuai dengan pengembangan ide cerita dan setiap perbaikan ide hasil dari storyboard. 




Models
Pixar sendiri memiliki software yang mereka kembangkan dalam bentuk 3 dimensi, yaitu secara X,Y,Z. Dalam software inilah mereka menggambarkan ulang hasil desain mereka dalam kertas kepada pembuatan dalam bentuk 3 dimensi, yang terdiri dari wireframe atau garis yang membentuk suatu objek gambar. 




Sets (setting)
Setting merupakan penggabungan setiap element model kedalam satu tampilan 3 dimensi yang sesuai untuk pengutaraan yang ingin disampaikan oleh sutradara. 




          Shots  (Pengambilan gambar)
Disini membuat suatu tampilan gambar secara keseluruhan dengan meletakkan  camera secara layak sesuai dengan naskah dari tokoh dan latarnya. 


 
         Animation (Animasi)
Penggerakan karakter sesuai dengan prinsip animasi dengan bantuan software 3d, dalam hal ini tugas utama dari animator seperti pemain boneka dari titik awal ke akhir menggerakkan dan diselingi dengan setiap gambar ditengahnya untuk memperhalus gerakan.




 Shade
Proses pewarnaan secara keseluruhan yang diberikan kepada model untuk memberikan suatu kesan materialnya seperti kayu, metal dsbnya. Bahkan juga bias menambahkan elemen simulasi seperti baju dan rambut didalam animasi.



       Lighting (Pencahayaan)
Pencahayaan didalam setiap pengambilan gambar yang memberikan kesan secara asli didalam gambar dengan penyampaian secara menyeluruh dari setiap mood dan warna dari naskah.



       Rendering
Pixar salah satu studio yang mempunyai tekhnik render yang unik dengan computer yang canggih mereka memiliki nama renderman, yaitu suatu system yang mengkalkulasi setiap pixel gambarnya yang sudah dikerjakan oleh setiap animator. Satu animator diberikan tugas untuk menganimasi selama 4 detik satu minggunya yaitu 100 frame per detik. 



       Final Touches and Musical Score
Sentuhan terakhir dan penilaian music yang digunakan adalah akhir dari proses film animasi, dengan proses pemberian efek dan editing. 





Ohel Studio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar