Minggu, 12 Juli 2015

Pencahayaan dalam 3D Animasi

Berikut ini kita akan melihat apa saja yang terdapat didalam tekhnik pencahayaan sehingga kita dapat memahami dengan tepat pencahayaan yang seperti apa kita butuhkan dalam 3D Animasi dalam scene kita. 

1) Ambient Lightning 
Ambient lightning merupakan pewarnaan yang seragam yang memiliki kekuatan cahaya yang menyebar dengan merata, biasanya pencahayaan ini akan diikuti dengan gradasi setiap sudut objek atau yang dikenal dengan ambient occlusion. Pencahayaan ini sangat baik untuk memberikan pewarnaan secara merata dalam adegan yang mau diceritakan mendukung emosional dari penonton.

Ambient Light & Ambient Occlusion - Pixar Up
 2) Directional Lightning

Sebuah sumber cahaya yang memilik sasaran menerangi semua benda yang sama dari arah tertentu, seperti cahaya daerah ukuran yang tak terbatas dan jarak yang tak terbatas dari tempat kejadian; memiliki bayangan satu arah. umumnya digunakan untuk memberikan kesan yang dramatical dalam adegan. 

Directional light - Monster Inc
3) Point Lightning 
Cahaya berasal dari satu titik, dan menyebar ke luar ke segala arah.
 
Point Lightning - The Incredibles
4) Spot Lightning
 Cahaya berasal dari satu titik, dan menyebar ke luar. Bentuk cahaya yang keluar menyerupai kerucut.
 
Spot Lightning - Monster University
 5) Area Lightning 

Cahaya berasal dari daerah kecil di satu bagian. kepada model yang secara menyeluruh 
Area Lightning - La luna
 6) Volumemetric Lightning 
Berasal cahaya dari volume kecil dari luar masuk kedalam bagian ruangan yang gelap.Biasa digunakan untuk adegan didalam ruangan dengan cahaya matahari dari luar
 
Volumetric Lightning - Wreck it ralph


Tidak ada komentar:

Posting Komentar