1. Traditional Animation
Animasi tradisional dimulai saat mulai ditemukan nya kamera yang bisa menggunakan film dalam bentuk roll. Konsep Animasi sendiri sebenarnya telah ditemukan dari zaman prasejarah, tetapi mulai saat itu dipopulerkan oleh seniman dengan cara membuat gambar yang digerakkan dari setiap lembar nya untuk menghasilkan suatu gerakan. lalu gambar tersebut dikumpulkan dan disimpan dengan bantuan kamera yang memfoto setiap bagian satu persatu, cara pembuatan animasi ini sangat lah sulit pada saat itu. Namun kita dapat melihat melalui perkembangan dan penemuan di jaman itu kita bisa menikmati film animasi yang modern sampai saat ini karena jerih lelah Animator terdahulu.. Salah satu karya populer pada saat itu adalah Mickey mouse yang dibuat oleh Walt Disney. Tekhnik yang paling sering digunakan dalam pembuatan ini biasanya menggunakan alat rotoscope yaitu meja yang memiliki lampu dibawahnya memudahkan untuk mengikuti alur garis dari satu lembar ke lembar yang lain.
Tekhnik Rotoscoping |
Penggambaran Pergerakan gambar |
2. Stopmotion Animation
Tekhnik pembuatan Animasi yang satu ini amatlah unik, karena pembuatan film animasi ini dikerjakan secara langsung. Pembuatan secara langsung artinya panggung yang digunakan untuk membuat animasi sudah disediakan dalam bentuk nyata bisa sebagai objek manekin yang dapat digerakkan dan tata letak ruangan setiap adegannya, lalu para animator menggerakkan setiap karakter sesuai dengan adegan yang telah disetujui sutradara dan proses penyimpanan gambar dengan menggunakan kamera digital atau mekanik yang mengumpulkan setiap gambar satu persatu lalu disatukan dengan menggunakan komputer ataupun dengan manual. Tetapi seiring berjalannya waktu Stopmotion memiliki ciri khas yang unik yang dapat dihasilkan dan kesan yang mendalam bagi penonton. Bahkan dengan bantuan teknologi hari ini..
Stopmotion Behind the scene - Boxtrolls |
Behind The scenes - Boxtrolls |
3. Computer Animation
Animasi menggunakan komputer hari ini lah yang sangat populer di semua industri kreatif pada belahan dunia manapun, karena melalui komputer animasi bisa didapat kan banyak bagian yang memukau penonton dengan hasil yang maksimal. Komputer animasi ini juga terdiri dari 2 bagian yaitu 2 Dimensi dan 3 Dimensi. Untuk 2D proses pembuatan hampir mirip dengan traditional animation yaitu perlu menggambar satu persatu setiap bagiannya namun perbedaannya animator bisa menggunakan gambar yang sama tanpa perlu menggambar ulang bisa menggunakan sistem copy dan paste lalu memperbaiki setiap bagian yang ingin di gerakkan, bahkan bisa lebih menghemat kertas dan peralatan gambar. Sedangkan pembuatan dengan menggunakan 3D adalah bisa digerakkan secara langsung setelah menyediakan modul karakter, objek, dan panggung di adegan nya, lalu digerakkan dan direkam.
2D Animation Making |
3D Animation Making - Frozen |
3D Animation Making - Dispicable me 2 |
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ohel
Studio 3D Animasi Jakarta
Studio 3D Arsitektur Jakarta
--------------------------
Studio 3D Animation Jakarta
Studio 3D Architecture Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar