Di dalam pembuatan animasi tiga dimensi, terdapat bagian produksi yang disebut modeling. Modeling sendiri adalah bagian di dalam proses produksi animasi, dalam mewujudkan asset desain dalam pre produksi ke dalam asset 3D yang siap untuk di animasikan. Di dalam tahap modeling 3D pun terdiri dari modeling, texturing dan lightning & rendering.
Teknik 3D Modeling yang umum digunakan di dalam pembuatan film animasi antara lain :
1. Primitive Modeling
Primitive Modeling adalah metode yang menggunakan model basic yang kemudian dibentuk berdasarkan vertex, edge, face. Model awal yang digunakan sebagai dasar pembentukan adalah box, cone, sphere, cylinder, tube, pyramid, torus ataupun plane. Teknik ini sangat sederhana untuk dipelajari ataupun dalam membuat asset yang memiliki bentuk dasar objek primitive.
2. Nurbs Modeling
Non-Uniform, Rational B-Spline Surface adalah metode 3D modeling yang digunakan dengan metode kurva spline. Metode ini digunakan umumnya untuk pembuatan model yang mengutamakan bentuk lekukan seperti mobil, aerospace, eksterior, ataupun lambung kapal.
3. Sclupting Modeling
Polygonal Modeling disebut juga dengan sculpting (memahat), ini lantaran hasil pemodelan menggunakan teknik ini menyerupai hasil pahatan. Dalam metode sclupt modeling ini sangat efektif untuk membuat karakter model. Metode yang digunakan menambahkan, mengurangi ataupun mengukir clay secara digital di dalam software model sclupt.
Dari ketiga teknik tadi, seorang modeler bisa hanya menggunakan salah satu teknik, atau memadukannya dengan teknik lain. Bahkan bisa juga seorang modeler menggunakan tiga teknik sekaligus dalam tahapan modeling objek, tergantung kepada tingkat kerumitan objek yang akan dibuat.
Reference :
ids Blog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar